Sep 26, 2012

Pola Baju Kaftan


image



Berpakaian tertutup merupakan salah satu bentuk penghormatan wanita di bulan Ramadhan terutama bagi Anda wanita muslim yang belum mengenakan hijab. Kaftan panjang merupakan model pakaian alternatif yang tetap stylish dan modest.

Saat ini sudah banyak ditemui kaftan-kaftan beragam rupa di pasaran. Jika Anda menyukai model ini, tak ada salahnya mencoba membuat kaftan Anda sendiri yang tentu saja, tidak pasaran.

Langkah 1
Siapkan bahan dengan ukuran dua kali tinggi badan Anda (bahu - kaki). Pilihlah bahan dan motif favorit Anda. Lipat bahan jadi 2 bagian sama panjang. Sesuaikan panjang bahan dengan tinggi tubuh Anda. Kaftan tidak memerlukan ukuran baku tubuh Anda, semakin longgar semakin bagus.

Langkah 2
Buat pola kaftan yang mudah (seperti gambar di atas). Sisi bahan yang dilipat, kemudian digunting sebagai garis leher. Sesuaikan ukuran garis leher ini dengan leher Anda agar ukurannya tepat. Bentuknya pun sesuai keinginan Anda : round neck atau v-neck. Ingat, saat menggunting sisakan bahan lebih panjang untuk bagian belakang leher kaftan, hanya bagian depan yang Anda gunting untuk bagian leher.

Langkah 3
Gunting sisa bahan membentuk persegi panjang berukuran sesuai dengan garis leher Anda. Kemudian jahit pada garis leher yang sudah Anda bentuk V-neck untuk memberikan kesan rapi sepanjang area garis leher. sedangkan untuk round neck, jahit ke dalam sisa bahan menyesuaikan pola bulat garis leher Anda.

Langkah 4
Bahan yang sudah dilipat jadi dua, jahit lurus dari ujung bawah ke atas. Sisakan sekitar 20 - 25 cm untuk lubang lengan Anda. Sebagai sentuhan terakhir, jahit rapi seluruh pinggiran bahan atau neci agar terlihat rapi.

selamat menikmati,,,,

No comments:

Post a Comment